Jadilah Nasabah Tabungan Cerdas 3in1

Mengapa BBM Harus Naik? inilah Alasannya




Rencana kenaikan BBM di tanggapi beragam baik oleh masyarakat hingga politikus melalui fraksi-fraksi di DPR. Berita teranyar, PKS pun akhirnya tidak menyetujui kenaikan BBM dengan berbagai alasan yang disampaikan PKS.



Berikut beberapa alasan mengapa pemerintah terpaksa harus menaikkan BBM diantaranya adalah
  1. Harga BBM bersubsidi di Indonesia Rp 4.500 terlalu murah, jauh berbeda dengan harga BBM industri yang mencapai Rp 9.300. Harga BBM Indonesia juga termurah di kawasan ASEAN. Harga BBM Indonesia sangat murah jika dibandingkan misalnya dengan Vietnam (RON 92) Rp 15.553; Laos Rp 13.396; Kamboja Rp 13.298; dan Myanmar Rp 10.340. Hal ini  mengundang penyelundupan yang selama ini terjadi dengan membeli BBM bersubsidi untuk BBM industri.
  2. Harga BBM fosil di Indonesia yang hanya Rp. 4.500, menghambat munculnya energi alternatif. Bahan bakar nabati, baik berbasis etanol maupun CPO, karena harga yang tidak bisa bersaing. Harga Bahan bakar alternatif seperti gas,  relatif dekat dengan BBM bersubsidi,
  3. Mulai awal dekade 2000, Indonesia telah beralih status dari negara eksportir menjadi net importir minyak. Import BBM dan minyak mentah yang lebih dari sepertiga pengeluaran kebutuhan nasional, membuat defisit fiskal membengkak sehingga mengancam neraca pembayaran akibat harga BBM Internasional yang terus meningkat.
  4. Subsidi BBM yang berlangsung selama ini tidak sesuai ketentuan UU 30/2007 tentang Energi. Di dalam Pasal 7 Ayat (2) disebutkan bahwa subsidi disediakan untuk kelompok masyarakat tidak mampu. Karena kenyataannya, subsidi BBM dinikmati lebih 70 persen oleh kelas menengah pemilik mobil pribadi dan sepeda motor bersilinder tinggi.
  5. Seperlima APBN telah tersedot untuk subsidi energi. Hal ini berpengaruh pada ruang gerak belanja negara untuk sektor produktif yang lebih bersifat jangka panjang menjadi terbatas.
Dengan menaikkan harga BBM, pemerintah akan mampu mengurangi subsidi BBM dan akan mengalihkannya untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Semoga kita semua bisa memahaminya.