News Info For All

News Info For All

Homeopathy : Sistem Pengobatan Masa Depan




Hazrat Mirza Tahir Ahmad r.h. adalah Khalifah Jemaat Ahmadiyah Internasional, beliau adalah ahli Homeopathy yang melayani pasien dari seluruh penjuru dunia, baik yang berkonsultasi melalui surat maupun yang datang langsung ke kantor beliau di London, Inggris, mulai dari para penderita penyakit umum hingga pasangan yang mendambakan keturunan dan penderita penyakit yang telah dinyatakan dokter tidak dapat disembuhkan lagi oleh pengobatan Allopathy ; banyak yang berhasil beliau sembuhkan, termasuk penderita penyakit AIDS.

Di samping kesibukan beliau sebagai pemimpin Jemaat Ahmadiyah Internasional yang tersebar di 172 negara, beliau menyediakan waktu memberikan kuliah Homeopathy melalui jaringan televisi MTA internasional. Beliau memperkenalkan penggunaan obat Homeopathy secara kombinasi, sesuatu yang oleh para Homeopath masih dianggap tabu. Beliau menyatakan bahwa Homeopathy memiliki masa depan yang cerah untuk berkembang serta menyimpan khazanah untuk membawa manusia kepada keyakinan terhadap adanya Tuhan. Namun demikian beliau menyatakan, ‘saya hanyalah seorang murid, yang masih terus belajar dari para pasien saya'.

Makalah ini disampaikan pada Seminar Umum: Homeopathy ; Sistem Pengobatan Masa Depan, di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, tanggal 6 Juli 2000, yang diprakarsai oleh International Forum on Islamic Studies (IFIS).

HOMEOPATHY adalah ilmu penyembuhan yang didasarkan kepada hukum persamaan-persamaan alami. Homeopathy bekerja dengan prinsip bahwa satu penyakit dapat disembuhkan oleh racun yang sama yang mungkin telah menyebabkan timbulnya penyakit tersebut. Namun sangatlah penting diperhatikan bahwa racun tersebut haruslah mengalami dilusi sedemikian rupa sehingga dalam bentuknya yang telah encer dan diberi potensi, ia tidak dapat lagi menimbulkan efek beracun kepada tubuh. Ketika sistem pertahanan tubuh makhluk hidup dilumpuhkan serangan lemah dari luar ini, dalam waktu yang sama ia juga dengan mudah menaklukkan penyakit yang memiliki gejala serupa yang terdapat di dalam tubuh. Allah Ta'ala telah membekali setiap makhluk hidup dengan sistem pertahanan tubuh internal yang apabila diarahkan dan dibangkitkan dengan tepat, dapat menyembuhkan hampir setiap jenis penyakit yang dideritanya.

Prinsip dasar Homeopathy ini sebagai satu sistem pengobatan, mula-mula diperkenalkan di Yunani kuno oleh seorang tabib, Hippocrates (300 s.m.) yang dikenal secara luas sebagai ‘The Father of Medicine' . Ia menulis: “Melalui zat yang serupa satu penyakit dapat ditimbulkan dan melalui peng gunaan zat yang sama, ia disembuhkan”.

Penemuan Hippocrates yang revolusioner ini kemudian ditemukan kembali secara independen tahun 1781 oleh Dr. Samuel Hahnemann, seorang dokter yang berotak brilian berkebangsa an Jerman, yang sekarang dinyatakan sebagai bapak penemu Homeopathy .

Kekecewaan Hahnemann kepada pengobatan Allopathy telah timbul sejak semula, jauh sebelum ia menemukan Homeopathy sebagai satu sistem pengobatan alternatif. Hal ini terjadi ketika ia memulai praktek Allopathy pada sebuah pertambangan batubara dimana ia secara menyedihkan gagal menyembuhkan para pasien yang menderita penyakit yang umumnya diderita para penambang. Pengalaman pribadi ini mulai mengusik hati nuraninya seolah-olah ia sedang membohongi para pekerja yang sederhana dan tak mengenal pendidikan. Hal ini membuat nya sangat resah, sehingga ia memutus- kan untuk meninggalkan sama sekali pengobatan Allopathy , yang pada waktu itu menjadi satu-satunya sumber nafkahnya.

Perlahan-lahan, keputusasaan itu tumbuh menjadi pemberontakan, dan pemberontakan berubah menjadi kecaman keras terhadap sistem pengobatan Allopathy dan para praktisinya. Satu kehidupan yang menuntut kerja keras, pengorbanan, memikul rasa malu telah mengintainya di depan. Selama krisis ekonomi yang pahit ini, kepiawaiannya dalam berbagai bahasa dan kemampuannya dalam dunia jurnalistik datang menjadi penyelamat. Setiap malam ia mulai menulis artikel-artikel untuk dimuat di berbagai majalah dan jurnal. Inilah yang menjadi satu-satunya sumber penghasilan yang tak seberapa selama beberapa tahun selanjutnya. Dengan tujuh orang anggota keluarga yang harus ditanggung, ketentraman berubah menjadi suatu kelelahan yang menjemukan.

Mengenai masa-masa ini ia menulis: “Saya menyadari betul bahwa rotiku sehari-hari ditanggung oleh tulisan-tulisanku. Tetapi aku tidak memiliki pilihan lain… Aku sama sekali telah me-ninggalkan praktekku sejak tahun lalu, karena ia lebih banyak memberikan beban daripada penghasilan… Aku membutuh-kan satu tempat dimana aku dapat hidup dengan tenang dan terpisah dari yang lain namun dapat memperkaya pengetahuan- ku sebagai seorang sarjana…”

Pada tulisannya yang lain ia menyatakan: “Empat orang putriku dan seorang putra bersama istriku menjadi bumbu kehidupanku!”

Malanglah kehidupannya, dan kepada rempah-rempah yang telah membumbui kehidupannya yang ia hanya patut berterima kasih kepada hati nuraninya yang begitu peka. Untuk menemukan kembali prinsip-prinsip Homeopathy pada waktu itu masih seperti berteriak dari kejauhan.

Saya tidak akan menguraikan secara mendetil kehidupannya yang sangat bergejolak, yang dijalaninya sejak saat itu. Saya hanya akan me ngemukakan penjelasan singkat bagaimana ia dibimbing ke satu arah untuk menemukan kembali Homeopathy . Hal ini terjadi ketika ia secara tak sengaja membaca sebuah artikel tulisan seorang dokter yang terkenal mengenai khasiat-khasiat kulit pohon kina. Dari kulit pohon kina inilah dibuat obat malaria yang terkenal ke seluruh dunia – Quinine – disuling. Ia menjadi terkagum-kagum mengetahui dari artikel ini bahwa penggunaan kulit kina dalam dosis yang berlebihan dapat menimbulkan gejala sakit malaria, namun dalam dosis yang lebih rendah ia menyembuhkan.

Hahnemann melakukan eksperimen terhadap kina berulang-kali pada dirinya sendiri dan setiap kali pula tubuhnya menampakkan gejala malaria. Tetapi gejala itu hanya sejenak. Dari pengalamannya ini ia menyimpulkan dua prinsip dasar Homeopathy :

Pertama, bahwa ‘like cure like', jika dipergunakan dalam dosis kecil. Kedua, apabila dilusi kecil Homeopathy dipergunakan berulangkali oleh seseorang yang sehat, gejala sakit yang sama akan muncul dalam tubuhnya yang dilusi itu sendiri dimaksudkan untuk mengembalikan kesehatannya. Namun demikian gejala-gejala ini hanya bersifat sementara dan segera menghilang secara otomatis setelah beberapa jam. Metode yang aman dalam mempelajari khasiat-khasiat racun kimia ataupun biologi ia namakan ‘proving'. Sejak saat itu, ia menjadikan dirinya sendiri sebagai laboratorium riset yang luas dimana ratusan bahan-bahan kimia beracun telah di'proving' hingga akhir hayatnya. Ia menyusun tabel semua pengaruh-pengaruhnya terhadap tubuh dengan susunan yang sangat teratur rapi. Gejala yang timbul dalam pikiran, ditempatkannya pada posisi yang amat penting. Kemudian ia menyusun gejala-gejala yang lain dengan urutan preferensi dan membahas semuanya dengan sangat terperinci, organ demi organ. Demikianlah sejak jamannya hingga sekarang, ribuan obat-obat Homeopathy telah disusun secara klasifikasi dan tabelnya dalam bentuk buku yang disebut Materia Medica, dalam urutan menurut pentingnya.

Dr. Samuel Hahnemann wafat setelah menderita sakit yang singkat pada tanggal 2 Juli 1843. Mula-mula ia dimakamkan di suatu tempat pemakaman umum, namun tahun 1898 peti jenazahnya diangkat kembali untuk dimakamkan ulang dengan penuh penghormatan di pemakaman penting lainnya. Pemakamannya dihadiri banyak delegasi dan para pemuka dari seluruh dunia. Pada masa kemudian, seorang dokter dari Amerika membangun sebuah monumen terbuat dari batu granit setinggi 14 kaki, di atasnya dipahatkan tulisan dalam bahasa latin yang artinya: ‘Aku tidak melewatkan hidupku dengan sia-sia' . Tanpa diragukan ia telah mendermakan kehidupannya kepada orang lain dan meninggal demi untuk memberikan kehidupan kepada orang lain. Semoga Tuhan memberkati ruhnya. Pribadi besar seperti ini jarang lahir ke dunia.

Adalah suatu pekerjaan yang panjang untuk menguraikan sejarah kesuksesan yang besar dan penyebaran Homeopathy di banyak negara baik di Barat maupun di Timur. Singkatnya, telah banyak para ahli Homeopathy mengabdi untuk kemanusiaan sejak Hahnemann melakukan pengorbanan yang besar bagi kemajuan Homeopathy sejak masa hidupnya. Semoga Tuhan memberkati mereka semua! Mereka sesungguhnya merupakan para pengabdi kemanusiaan secara luas.

Sekarang saya akan menceritakan beberapa aspek Homeopathy lainnya yang saya anggap sangat penting untuk diketahui para Homeopath dunia.

Ada satu sistem memori yang tidak dapat hilang atau dihapus yang diciptakan Allah Subhanahu wa Ta'ala . Kebanyakan Homeopath tidak mengetahui bahwa di atas potensi 15 atau sekitar itu, tidak sebuah atom pun dari bahan obat asli yang tertinggal di dalam dilusi tersebut, meskipun diupayakan untuk dideteksi dengan bantuan alat elektronik yang sangat sensitif sekalipun . Hanya sebentuk memori dari khasiat-khasiat obat asli saja yang entah bagaimana, tinggal dalam dilusi yang telah dijadikannya berpotensi itu. Di dalam dilusi yang lebih tinggi dari potensi 30 (satu potensi kecil pertengahan) pasti ada memori non-material dari obat asli yang tersimpan di dalamnya. Potensi 30 dan 200 secara umum dipergunakan para Homeopath tapi ada juga potensi-potensi setinggi 100.000 dan lebih. Hanya para ahli matematika yang mampu menggambarkan besarnya jumlah hitungan ini. Jika Anda meningkatkan potensi 100 menjadi potensi 100.000, jumlah yang dihasilkan akan lebih besar dari jumlah atom yang ada di seluruh alam semesta. Dalam terminologi Homeopathy , kami menyebut jumlah ini dengan C.M. Saya menekankan masalah ini karena hal ini akhirnya pasti membimbing manusia untuk meyakini keberadaan Tuhan. Bagaimana mungkin sistem pertahanan tubuh makhluk hidup dapat dirangsang oleh pesan yang sangat halus ini kecuali bila Allah menghendaki dan mentakdirkannya seperti itu.

Setelah menyampaikan hal ini, sekarang saya memberikan penguatan dari pengalaman pribadi, bahwa Homeo pathy bekerja dalam semua potensi, baik tinggi maupun rendah. Bahkan seringkali para pasien yang telah dinyatakan tidak dapat disembuhkan lagi oleh ilmu medis yang ada memperoleh kesehatan kembali seperti semula. Sebagai contoh, ambil pasien yang telah menderita AIDS aktif (HIV positif). Dengan karunia Allah, saya telah berhasil menyembuhkan pasien dalam jumlah besar dengan mengguna kan obat Homeopathy yaitu Silicea C.M. Banyak pasien seperti itu masih hidup untuk menjadi saksi kebenaran dari pernyataanku ini. Laki-laki, perempuan dan anak-anak telah sembuh dengan sempurna atau penyakitnya telah menjadi ringan. Mereka menyimpan ‘sejarah' Allopathy untuk mengusir keragu-raguan orang-orang yang bersikap skeptis yang tidak dapat percaya hanya kepada kenyataan.

Ada seorang ahli bedah jantung terkenal di Amerika, di Portland Oregon , Ohio , saya memiliki kehormat an untuk mengenalnya secara pribadi. Suatu ketika ia menceritakan kepada saya satu kasus seorang pemuda India yang secara menyedihkan menjadi korban penyakit fatal ini. Ketika beberapa dokter spesialis gagal dalam setiap upaya mereka untuk menyembuhkannya melalui pengobatan konvensional, mereka memberikan rekomendasi kepada kedua orang tuanya untuk membawanya pulang ke India sehingga paling tidak ia dapat meninggal dengan tenang di tengah-tengah keluarga dekatnya. Mendengar hal ini, saya segera sarankan untuk memberikan Silicea C.M. kepada anak tersebut, agar diminum setiap tiga bulan. Setelah beberapa bulan ketika saya menanyakan keadaannya, saya diberitahu dengan senang hati bahwa ia telah kembali ke Amerika dalam keadaan sehat sama sekali. Saya selanjutnya diberitahu bahwa selama di India ia tidak meminum obat lain selain Silicea C.M .

Ada juga obat-obat Homeopathy lainnya yang memiliki potensi tinggi yang telah saya pergunakan dengan sukses kepada pasien-pasien berbagai macam kanker yang tinggal menunggu waktu. Tidak semuanya, tetapi sejumlah besar mereka telah disembuhkan dan mereka masih hidup untuk memberikan kesaksian atas karunia Allah ini. Namun saya harus memberikan peringat an kepada para dokter Homeopathy bahwa ada beberapa jenis kanker yang tidak dapat disembuhkan oleh obat apapun, baik konvensional maupun lainnya. Khususnya saya memperingat kan mengenai kanker kandung empedu. Saya tidak pernah berhasil menyembuhkannya dan tidak pula saya pernah melihat pasien yang telah disembuhkan melalui sarana pengobatan apapun. Demikian juga, kanker kandung kemih dan kanker prostat hampir semuanya berakibat fatal.

Saya beralih kepada beberapa kategori kanker fatal yang menyerang hewan. Saya sebut saja kanker me matikan yang menyerang tanduk hewan . Para dokter dari peternakan hewan mengetahui bahwa kanker ini selalu berakibat fatal. Terima kasih kepada seorang dokter Homeopathy ternama dari Amerika, Dr. Kent , saya membaca bahwa satu dosis tunggal Psorinum 1000 dapat menyembuhkannya. Hal ini telah saya terapkan sendiri dengan sangat sukses pada sapi-sapi yang menderita kanker tersebut. Lagi-lagi terima kasih kepada Dr. Kent , saya telah menemukan bahwa Colchicum 200 sangat efektif pada sapi-sapi, domba dan kambing yang menderita sakit Tymphanites . Tymphanites adalah penyakit dimana sejumlah besar gas (angin) terkurung dalam perut dan usus, dan tekanan yang kuat membuat binatang tersebut tercekik karena tidak ada ruang yang tertinggal bagi paru-paru untuk bernapas. Satu-satunya obat yang diketahui para peternak adalah pisau jagal, yang menusuk perutnya sehingga angin meletus keluar. Sayangnya sang binatang pun segera menghembuskan nafasnya yang terakhir. Namun jika saja seseorang kebetulan menyimpan sedikit pil Colchicum 20 disuapkan ke dalam mulut binatang tersebut, dalam tempo satu menit atau dua, blokade itu akan disembuhkan dengan sempurna dan sang binatang akan selamat dari rasa frustasi tukang jagal.

Homeopathy memiliki banyak obat penyelamat untuk digunakan pada saat serangan jantung yang tiba-tiba atau trauma yang disebabkan kecelakaan, dan lain-lain. Tentu saja, dalam ke- adaan normal hendaknya menggunakan obat tunggal namun pada saat-saat darurat ketika Homeopath hanya me miliki sedikit waktu untuk mendiagnosa , pencampuran yang disiapkan dengan baik dapat dijadikan bekal. Untuk serangan pendarahan yang tiba-tiba, diare atau kolik yang berat umpamanya, sejumput pil dari campuran yang tepat seringkali memberikan kesembuh an dengan segera.

Sebagai prinsip dasarnya, pasienlah dan bukan penyakit yang harus disembuhkan. Satu diagnosa yang teliti dan memakan waktu diperlukan untuk menentukan penyembuhan konstitusional. Jika obat konstitusional seseorang dapat didiagnosa dengan tepat, maka ia dapat menyembuhkan nya dari penyakit-penyakit yang mungkin sering dideritanya. Hukum lain yang penting dalam Homeopathy mengharus kan para pasien hendaknya diklasifikasikan sesuai dengan penyakit-penyakit yang terpendam yang disebut diyscrasia . Diyscrasia tertentu dapat tetap tersembunyi di dalam tubuh se panjang berabad-abad lamanya. Setelah nenek moyang seseorang diserang oleh penyakit kulit atau penyakit kelamin yang serius yang ditekan dengan paksa oleh obat-obat yang keras, penyakit tersebut dapat muncul kembali. Penyakit-penyakit yang ditekan seperti itu dikategorikan masing-masing sebagai psoric, psychotic atau syphilitic dyscrasia . Kadang-kadang obat-obat yang dipilih dengan penuh kehati-hatian pun tidak dapat bekerja pada pasien tertentu. Pasien yang seperti itu memerlukan dosis anti-psychotic atau anti-syphilitic yang sangat tinggi sesuai dengan kasusnya masing-masing. Hal ini akan menyingkirkan halangan tersebut, dan obat yang tidak dapat bekerja sebelumnya akan mulai bekerja secara normal. Saya memiliki pengalaman yang tak terhitung mengenai keadaan ini. Mengutip satu di antaranya, ada seorang anak laki-laki yang memiliki postur yang sangat pendek yang telah berhenti tumbuh meninggi. Obat-obat yang telah dipersiapkan dengan baik untuk merangsang pertumbuhan tidak bekerja pada dirinya. Setelah pemeriksaan yang menyeluruh, saya menemukan bahwa ia adalah penderita psychotic . Satu dosis tinggi Medhorrinum , salah satu dari obat utama anti-psychotic , diberikan dengan interval tiga bulan, merevitalisasi kerja obat pertumbuhan yang telah dipilih dengan baik. Sekarang ia telah memperoleh tinggi yang normal sesuai dengan usianya. Pada banyak keluarga dimana kedua orang tua memiliki latar belakang sejarah keluarga yang berpostur pendek, anak-anak mereka apabila diobati secara Homeopathy semuanya telah tumbuh melebihi tinggi orang tua mereka dalam margin yang besar, dengan karunia Allah.

Demikian juga, banyak obat yang dikenal telah menyembuhkan dengan sempurna banyak penyakit asma dan epilepsy seumur hidup. Kadang-kadang mereka memerlukan obat-obat yang disiapkan untuk dimakan secara berurutan yang satu sesudah yang lain, namun pada waktu yang lain mereka harus diberi obat campuran dari obat-obat yang diseleksi dengan penuh kehati-hatian.

Menggunakan secara campuran obat-obat Homeopathy oleh para ekstrimis Homeopath dianggap sebagai hal yang tabu, namun dari pengalaman sepanjang hidup saya, jatuh bangun, saya telah menemukan bahwa ekstrimis , baik dalam Allopathy maupun Homeopathy , adalah sama dengan fanatisme agama. Saya selalu memberitahukan kepada para pasien saya yang saya tidak dapat menyembuhkannya secara Homeopathy , untuk beralih kepada Allopathy atau pengobatan konvensional lainnya sebelum terlambat. Menolak menyiapkan obat-obat kombinasi ketika diperlukan tidak kurang dari fanatisme. Dengan karunia Allah, saya telah berhasil mempersiapkan banyak obat-obat kombinasi yang secara unik sangat efektif. Contohnya, banyak pasien yang telah menderita putus urat syaraf tulang belakang ketika menderita kecelakaan diberitahu oleh para dokter yang berkompeten dan para ahli bedah bahwa mereka terpaksa tinggal di tempat tidur seumur hidup; atau paling banter terpaksa menggunakan kursi roda. Namun dengan karunia Allah Swt. banyak pasien-pasien seperti itu yang secara tetap menggunakan kombinasi yang relevan, selama setahun atau dua, sekarang dapat berdiri dan berjalan secara normal dengan kedua kaki mereka. Saya menganggap hal ini sebagai suatu tindakan kriminal untuk menyembunyikan penemuan yang bermanfaat dari pengetahuan umum yang mungkin terbukti bermanfaat untuk umat manusia secara luas. Banyak bentuk paralysis dan efek-efek pasca suatu penyakit berbahaya seperti polio, secara luas telah menjadi ringan, jika tidak sembuh total, baik oleh obat tunggal maupun kombinasi yang diramu dengan baik. Namun typhus adalah penyakit yang sangat berbahaya, yang efek sesudahnya tidak dapat disembuhkan atau hanya dapat disembuhkan namun tidak sembuh total.

Prophylactic Homeopathy

Ada banyak tersedia obat-obat prophylactic yang efektif dalam Homeopathy yang dapat menjadikan seseorang menjadi immune untuk waktu yang lebih lama daripada injeksi prophylactic Allopathy . Satu dosis kecil diptherinum , misalnya, menciptakan kekebalan terhadap serangan Diptheria yang akan berakhir sepanjang 8 hingga 10 tahun. Pasien dapat diimunisasi seumur hidup dari tuberculosis dengan meramu b accilinum atau t ubercollinum dengan potensi yang meningkat secara bertahap untuk digunakan secara terus-menerus selama dua tahun dengan interval yang panjang. Satu dari manfaat besar Homeopathy pada zaman kesembronoan dan penggunaan antibiotik yang membabi-buta yaitu menyebabkan hampir semua obat ini tidak diperlukan lagi, karena telah tersedia obat keluarga yang lebih baik dan lebih cepat untuk melawan berbagai jenis infeksi. Namun, jika diri pasien tidak memberikan respon yang baik kepada pengobatan Homeopathy , adalah tanggung jawab moral para dokter Homeopathy untuk me nyarankannya agar mencari pengobatan alternatif lainnya. Ada sabda Rasulullah s.a.w . yang sangat masyhur, yakni semua penyakit ada obatnya kecuali kematian. Adalah suatu kesombongan untuk menyatakan bahwa Homeopathy telah menemukan penyembuhan yang efektif untuk semua penyakit. Banyak obat-obat yang manjur ditemukan di dalam seluruh sistem pengobatan. Untuk mendustakan sama sekali manfaat nya adalah sama dengan tindakan bunuh diri. Tentu saja, Homeopathy adalah lebih baik daripada kebanyakan sistem pengobatan yang ada saat ini, tetapi Homeopathy bukanlah Allah Ta'ala , dan tidak menyembuhkan bila Dia tidak menghendakinya. Para dokter Homeopathy Muslim hendaklah selalu berdoa untuk para pasien mereka dengan cara yang penuh kerendahan hati sebagaimana diajarkan Rasulullah s.a.w.:

“Wahai Allah, Tuhannya manusia, singkirkanlah penderitaan ini dan karuniakanlah kesembuhan, Engkau-lah Dzat Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali dari Engkau, penyembuhan yang tidak meninggalkan sedikitpun penyakit lagi” (Bukhari – Muslim).

Homeopathy sekarang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia berkat usaha-usaha yang tidak mengenal lelah dari para pribadi-pribadi besar dan institusi-institusi. Namun dengan karunia Allah Ta'ala, Jamaah Muslim Ahmadiyah internasional menikmati suatu perbedaan di atas mereka semua. Jumlah rumah obat yang telah didirikan oleh jemaah kecil ini di seluruh dunia, jauh lebih besar daripada seluruh rumah sakit dan rumah obat yang didirikan oleh instansi lainnya. Terakhir, seluruh rumah obat yang dimiliki Jamaah Ahmadiyah melayani dengan adil si kaya dan si miskin, gratis. Alhamdulillah , di Indonesia, sendiri kami telah memiliki 280 rumah obat seperti itu yang memberikan manfaat kepada ribuan orang.

Seluruh masyarakat Indonesia sekarang saya undang, untuk memanfaatkan sepenuhnya layanan kesehatan gratis ini. Saya memiliki keyakinan kepada Allah bahwa Dia akan terus menganugerahkan kepada kita para pekerja sukarela dan dana untuk menjalankan rumah-rumah obat ini.

Semoga Allah memberkati kalian semua, dan dirgahayu Indonesia .
Oleh: Hazrat Mirza Tahir Ahmad r.a.
Penterjemah: Abdul Mukhlis Boga

Glossary
Allopathy : Sistem pengobatan yang mengandalkan penggunaan obat untuk melawan gejala penyakit dan berusaha memberantas bibit penyakit.

Dilusi : Pengenceran substansi obat dengan cara menambah jumlah medium (alkohol, aquades) untuk mengurangi/ menghapus efek racun yang disimpan-nya. Dilusi dalam Homeopathy meng-gunakan ukuran desimal ( 1:10 ) dan centisimal (1:100). 1:10 artinya satu bagian substansi obat diencerkan dengan sembilan bagian medium obat (alkohol, aquades) sehingga obat tersebut menjadi semakin encer.

Potensi : Jumlah ukuran pengenceran. Potensi 30 berarti telah mengalami 30 kali pengenceran.

Proving : Pembuktian efek suatu bahan obat ke dalam tubuh manusia yang sehat. Gejala-gejala yang dinampakkan oleh pengaruh obat tersebut pada orang yang sehat sama dengan khasiat obat itu sendiri.

Materia Medica : Panduan Homeopathy yang berisi tabel dan klasifikasi sifat-sifat obat yang diperoleh melalui proving . Disusun secara terperinci, menurut urutan preferensi, organ demi organ.

Tymphanites : Penyakit dimana sejumlah besar angin (gas) terkurung di dalam perut dan usus. Tekanan angin menekan paru-paru sehingga penderita tercekik dan mati karena tidak dapat bernafas.

Psophylastic : Obat-obat yang dapat menyebabkan seseorang kebal (immune) terhadap serangan penyakit tertentu.

Homeopath : Para dokter ahli Homeopathy ; para praktisi Homeopathy .

Penyembuhan konstitusional : terapi yang dilakukan setelah meneliti kondisi dan struktur fisik pasien.

Copyright © Jemaat Ahmadiyah Indonesia 2003-2005. Hak Cipta dilindungi undang-undang.
Untuk pertanyaan, komentar dan saran, email info@ahmadiyya.or.id